Select Page

Studio Podcast Smamsatu Memiliki Alat-Alat Canggih Inioleh Akhmad Akmal Rifqi kontributor PWMU.CO

PWMU.CO – SMA Muhammadiyah 1 Gresik (Smamsatu) memiliki Ppodcast yang dilengkapi 10 alat canggih sebagai media pembelajaran siswa ketika masa pandemi Covid-19.

Sepuluh alat ini antara lain, kamera mirrorless Sony Alpha a6400 dan kamera HDSLR Nikon D5300. Kamera menjadi salah satu elemen utama dalam pembuatan konten podcast berformat audio-visual. Studio podcast Smamsatu mengoperasikan dua jenis kamera untuk keperluan foto dan video.

Sony Alpha a6400 memiliki kelebihan utama layar selfie dan juga sudah dibekali sistem autofokus terbaru dari Sony yang diklaim terkencang di dunia dengan kecepatan mengunci fokus hanya 0,02 detik.

Sistem AF dengan 425 titik phase detect AF dan 425 titik contrast detect AF itu disebut mampu melacak fokus (tracking) di objek yang bergerak cepat dengan mulus dan akurat.

Sony turut menerapkan teknologi kecerdasan buatan (AI) di sistem AF Sony Alpha a6400, sehingga kamera ini mampu mengenali wajah subyek dan mengunci fokus di bagian mata (Real-Time Eye AF) secara otomatis.

Sedangkan kamera HDSLR Nikon D5300 dipilih karena rentang ISO cukup besar untuk pemotretan beruntun hingga 12.800 bidikan pada kecepatan rata-rata sekitar 5 fps. Ini memungkinkan untuk merekam dalam kualitas Full HD 1080P. Sangat cocok untuk aktivitas di dunia fotografi.

Dari segi konektivitas, kamera Nikon D5300 ini juga memiliki fitur transfer data Wi-Fi yang dapat digunakan untuk memindahkan objek yang disimpan di dalam kamera ke device lain.

Gimbal Stabilizer

Kedua, DJI Ronin-SC Gimbal Stabilizer.Alat berikutnya yang dipunyai studio podcast Smamsatu adalah DJI Ronin-SC Gimbal Stabilizer memiliki fitur terbaik untuk kelas stabilizer kamera kelas menengah. Piranti ini sangat kompatibel untuk berbagai merek kamera, baik untuk kamera DSLR maupun kamera Mirrorless.

Kemudian, dilengkapi dengan fitur 3-axis Motorized Gimbal Stabilizer membuatnya semakin nyaman digunakan. Desainnya pun sangat kokoh dan ergonomis. Dengan fitur tersebut, mampu menopang kamera hingga seberat 3,6 kg sekalipun. Bahkan, pihak DJI mengklaim stabilizer DJI Ronin merupakan yang terkecil, teringan, sekaligus terpintar di kelasnya.

Kapasitas baterai yang mumpuni, membuatnya bisa bertahan hingga 12 jam penggunaan normal.

Ketiga, RODE VideoMic GO On-Camera Shotgun Microphone.  Buat kalian yang sekarang ingin membuat konten video dan membutuhkan microphone, tak ada salahnya untuk mencoba menggunakan microphone dari RODE dengan tipe VideoMic Go. Sangat praktis digunakan.

Keempat, Condenser Microphone Kit With Multifunctional Live Sound Card. Mikrofon ini berbeda dengan mikrofon biasa. Dari bentuknya saja berbeda. Mikrofon condenser berbentuk lebih bulat, pendek, dan punya bagian terbuka di segala arahnyapada ujung mikrofonnya.

Berbeda dengan mikrofon biasa atau yang sering disebut sebagai dynamic microphone, yang mempunyai bentuk yang panjang dan bagian ujungnya lebih mengarah ke satu arah.

Baca Juga:  Awarding Day ‘Kreasi Sejuta Inovasi’ Smamsatu, Ini Pemenangnya

Perbedaan di atas itu baru dari bentuknya, belum dari spesifikasi dan kegunaannya. Dilihat dari fungsinya, ada perbedaan yang membedakan kedua jenis mikrofon ini.

Mikrofon condenser berfungsi khusus untuk mengolah sinyal suara vokal dan hanya bisa digunakan di dalam ruangan atau studio. Sebagai mikrofon yang bertujuan untuk menangkap suara vokal, maka mikrofon condenser memiliki kemampuan untuk menangkap suara dengan power yang lemah sekalipun.

Menambah Pencahayaan

Kelima, fotoplus Ring Light RL-18 Mark IV LED Bi-Color LED. Fungsi ring light adalah untuk menambah pencahayaan pada objek kamera. Umumnya, ring light digunakan oleh content creator, pelajar, hingga pekerja kantoran. Terlebih lagi, sudah banyak pekerjaan remote dengan video conference yang membuat kebutuhan akan ring light makin meningkat.

Keenam, PRO IN AW 250 SOFTBOX package, yang terdiri dari 2 unit Studio flash Pro One AW-250, 2 buah Softbox Pro One 50 x 70 cm, 2 buah Aluminium light stand Alfa G-V + light stand, dan 1 set Trigger radio slave Pro One AC-16II.

Softbox merupakan alat bantu photography yang berfungsi sebagai pencahayaan yang lembut. Soft Box ini terbuat oleh kain yang jika semakin besar softbox maka semakin lembut cahaya yang di hasilkan. Cahaya softbox di hasilkan oleh alat bantu cahaya seperti strobo ataupun Barndoors.

Podcast Invicast bersama SMAM 6 Paciran. Nyamirun dan host Azhari Anugerah Majidah (Mardliyatul Faizun/PWMU.CO)

Pembuatan Iklan

Ketujuh, background Stand Backdrop Support System Kit with Chromakey Green Screen. Background atau kain yang sering digunakan untuk berbagai situasi pemotretan seperti phas photo, pembuatan iklan, pemotretan studio dan sebagainya. Kain ini sebagai latar belakang dari objek yang di foto, biasanya background ini menggunakan berbagai macam gambar, pola serta warna seperti green screen.

Kedelapan, 2 set of Saramonic Blink 500 B2 wireless mic. Blink 500 B2 memberikan kualitas suara yang jauh lebih baik dibandingkan dengan mikrofon built-in pada kamera dan perangkat seluler sambil berfungsi sebagai sistem digital ultracompact yang memberikan pengoperasian langsung out-of-the-box bagi siapa pun, menjadikannya ideal untuk video, podcast, dan aplikasi mobile journalism.

Kesembilan, Panasonic TH-43HX610G LED Smart TV [43 Inch/Android System/ 4K HDR] with Simbadda CST 6000n Plus Audio System. TV android ini dilengkapi fitur Asisten Google yang mampu melakukan pencarian informasi dan mengontrol perangkat menggunakan suara, kegunaan TV ini selain sebagai background juga berperan sebagai media inspirasi dan evaluasi ketika podcast setelah direkam.

Kesepuluh, PC Dell Inspiron 3668 MT Core i5-7th generation. Fungsi dari adanya PC adalah untuk kegiatan post-production podcast yakni editing, storing dan publishing. Sedangkan aplikasi dan software yang digunakan untuk editing podcast adalah: kombinasi antara Adobe audition dan Adobe Premiere Pro untuk mengolah hasil audio dan visual.

Baca Juga:  Inilah Yang Dirasakan Para Guru Ketika Mendampingi Qiyamul Lail Virtual Kelas XI Smamsatu Gresik

Apa itu Podcast?

Akhir-akhir ini, banyak content creator yang mengunggah kontennya dalam format audio yang bisa disebut hampir sama dengan format siaran radio atau sering disebut sebagai podcast.

Podcast pertama dikenalkan oleh Ben Hammersley, seorang jurnalis The Guardian pada tahun 2004. Menurutnya, istilah podcast adalah kepanjangan dari play on demand’ dan broadcast.

Memiliki format audio bersifat on-demand, para pendengar dapat mengkonsumsi media ini kapan dan di mana saja. Ditambah lagi dengan jumlah konten yang kian bertambah, mulai dari bahasan cerita-cerita misteri, komedi, hingga interview, ada banyak alasan kenapa jenis media ini semakin digandrungi.

Podcast banyak diminati para-netizen karena menyajikan proses diskusi yang ringan, menarik, dan mendalam terhadap sudut pandang orang yang berbicara dibandingkan siaran radio pada umumnya. Sedangkan dari sudut pandang content creator, rekaman berbentuk audio merupakan sarana untuk menyampaikan opini yang lebih mudah dan praktis untuk dibuat karena tidak perlu memerlukan banyak editing.

Berbeda dengan radio yang memerlukan frekuensi khusus dan waktu yang telah dijadwalkan untuk mendengarkan suatu topik, podcast lebih fleksibel untuk didengarkan kapan saja dimana saja selama memiliki perangkat dan koneksi internet untuk membuka platform tersebut.

Podcast Deddy Corbuzier

Podcast perlahan juga berubah dari yang awalnya berupa audio, kini juga banyak kita temukan podcast yang berupa video. Di Indonesia, saat ini banyak sekali kita temukan konten podcast di kanal y

outuber tanah air. Mulai dari kategori seleb, influencer, maupun perusahaan music.

Kecenderungan youtuber untuk membuat konten podcast tidak tiba-tiba muncul begitu saja. Tentu ada parameter yang dijadikan acuan. Lalu siapa kiblat podcast di Indonesia?

Jawabannya adalah Deddy Corbuzier, Deddy mungkin dikenal banyak orang sebagai seorang magician, atau pembawa acara. Tapi yang paling melekat pada sosok Deddy Corbuzier adalah youtuber sukses dengan video podcastnya yang selalu trending.

Deddy Corbuzier punya pengaruh besar pada fenomena menjamurnya konten podcast di Indonesia. Melalui kanal YouTube Deddy Corbuzier Close the Door podcast mulai dikenal dan perlahan dicintai oleh warganet di Indonesia.

Media Pembelajaran

Seperti yang kita ketahui bersama bahwasanya podcast merupakan media rekam digital yang didistribusikan melalui internet dan biasanya disampaikan dengan format episodik. Sebagian besar podcast berformat audio dan video.

Dalam proses pembelajaran, podcast memberikan kesempatan bagi pengajar untuk menyebarkan konten audio video yang interaktif, yang dapat didengarkan oleh pembelajar kapanpun dan dimanapun.

Smamsatu adalah salah satu institusi pendidikan yang telah menerapkan podcast ke dalam sistem pendidikan dan mendapat hasil yang positif. Hal tersebut didukung dengan adanya sebuah studio podcast profesional yang dikelola oleh tim humas Smamsatu sejak tahun 2020 yang lalu.

Podcast saat Pandemi

Innovative Podcast atau yang lebih dikenal sebagai INVICAST, lahir pada 1 September 2020, dimana saat itu diadakan peringatan Milad Ke-55 Smamsatu di tengah-tengah adanya pandemi Covid-19. Lahirnya ini diinisiasi Kepala Smamsatu, Ainul Muttaqin

Baca Juga:  Smamsatu Gresik Selenggarakan Bimbingan Tahfidz Setiap Jumat Untuk Guru & Karyawan

Dia mengatakan pdcast menjadi salah satu media pembelajaran yang menarik bagi para peserta didik apalagi saat masa pandemi, para guru dapat memanfaatkan media podcast sebagai sarana pembelajaran yang efektif.

“Sebelum Smamsatu berpindah ke gedung baru beralamat di Jl Dr Wahidin Sudirohusodo 162 GKB Gresik, Invicast belum mempunyai studio yang representatif. Studio dadakan dan portable hanya ditata ala kadarnya dan di tempatkandi ruang kepala sekolah,” ujarnya.

Ditemui di kesempatan berbeda, Staf Humas Smamsatu, Ali Safa’at mengatakan meskipun pada saat itu kondisi ruang podcast kita masih belum lengkap, Alhamdulillah kita mampu meraih Gold medal di gelaran podcast competition Muhammadiyah Education Awards 2021 special edition.

Setelah Smamsatu menempati gedung baru, maka sengaja dibuatkanlah sebuah ruangan khusus di lantai 2 yang diproyeksikan sebagai sebuah studio podcast yang representatif dan permanen dengan berbagai peralatan penunjangnya sehingga menjadikan studio podcast yang dimiliki Smamsatu ini menjadi salah satu fasilitas terbaik sekolah yang akhirnya saat ini  sering dijadikan subyek studi banding sekolah-sekolah lain yang ingin membuat studio serupa.

Studio Innovative Podcast

Dikarenakan Smamsatu mempunyai studio podcast yang professional maka tidak heran jika beberapa kali para tokoh baik dari tingkat regional sampai tingkat internasional pernah merasakan berpodcast ria di dalamnya.

Dari mulai para alumnus sukses, pejabat daerah Gresik, anggota DPR-RI, English native speakers dari berbagai negara hingga jubir menteri pertahanan Republik Indonesia dihadirkan dalam tayangan podcast yang tayang melalui kanal official YouTube Smamsatu ini.

Di samping itu, Majelis Dikdasmen Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Gresik juga menjadikan studio Innovative Podcast Smamsatu sebagai home base utama tayangan podcast miliknya yakni Lentera Podcast yang tayang rutin setiap bulannya.

Di sisi lain, karena telah ditunjang fasilitas yang memadai, berbagai kompetisi podcast pun pernah dijuarai peserta didik Smamsatu melaui studio podcast ini, selain memenangi ME Awards 2 tahun berturut-turut.

Smamsatu juga meraih special achievement and honorable mention dalam ajang bergengsi SMA Awards Jawa Pos Podcast Competition tingkat Jawa Timur yang diselenggarakan Dinas pendidikan Jawa Timur pada Desember 2021 yang lalu.

Yuk, kunjungi Studio Innovative Podcast Smamsatu, broadcast yourself!

Bagikan Konten Ini Melalui:
× WhatsApp Admin Available from 07:00 to 21:00