Select Page

SMAM1GRESIK.SCH.ID — Seiring dengan kemajuan teknologi, perpustakaan yang dulu identik dengan banyaknya buku yang tersusun di dalamnya, sekarang sudah bergeser ke arah digital. Membaca buku tidak harus datang ke perpustakaan, namun bisa diakses melalui ponsel di manapun dan kapanpun kita berada asalkan masih terkoneksi dengan layanan internet.

Format perpustakaan dunia maya inilah yang kini dikembangkan oleh SMA Muhammadiyah 1 Gresik (Smamsatu) dan Sekolah Rendah Islam (SRI) Seremban. Kedua sekolah berbeda negara ini memberikan layanan perpustakaan pada siswa sekaligus meningkatkan budaya literasi mereka dengan menghadirkan Digital Library yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun oleh para siswanya.

Hal ini merupakan wujud nyata pelaksanaan program dari tindak lanjut ditekennya Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepakatan antara Smamsatu dan Sri Seremban pada 1 September 2022 silam, yang salah satu poinnya adalah pengembangan digital library antar dua sekolah yang bisa diakses bersama.

Kepala Smamsatu, Ainul Muttaqin bersama Ketua Eksekutif sekolah Sri Seremban Tn. Hj. Khalil bin Jali saat penandatanganan MoU. Kamis (1/9/2022)

Kepala Smamsatu, Ainul Muttaqin menyambut baik adanya implementasi program yang telah direncanakan bersama Sri Seremban sebagai partner sister school ini. “Perpustakaan digital menjadi sangat relevan, karena melihat situasi pasca Pandemi COVID-19, sehingga mengharuskan kita semua untuk harus bisa beradaptasi dengan teknologi.

Ainul mengatakan, dengan hadirnya perpustakaan digital, baik siswa maupun guru mempunyai tambahan sarana pendukung, untuk bisa memenuhi kebutuhan dalam belajar dan mengakses banyak pengetahuan.

“Untuk mengakses aplikasi tersebut pun tidak susah. Tinggal masuk di aplikasi dan kemudian bisa mengakses seluruh judul-judul buku yang disediakan, siswa Sri Seremban bisa akses perpustakaan digital kita, begitu juga siswa Smamsatu bisa mengakses perpustakaan digital yang dimiliki oleh Sri Seremban” kata Ainul.

Baca Juga:  Kisah Aisyah, Siswi Smamsatu Peraih Medali Emas Kejurnas Martial Art FBAI 2022

Sementara itu, Tn. Hj. Khalil bin Jali, ketua pegawai eksekutif yayasan sekolah Sri Seremban, Malaysia, menyampaikan program ini dimaksudkan untuk memudahkan siswa dan guru dalam mendapat informasi lewat aplikasi digital. “Silakan memanfaatkan kemudahan ini dengan membaca, menambah pengetahuan, mencari hiburan, dan belajar dari rumah atau di mana saja melalui buku koleksi Perpustakaan Digital Sri Seremban. Karena budaya literasi melalui inovasi layanan perpustakaan berbasis digital dimaksudkan untuk mewujudkan manusia andal dan unggul antar dua negara,” papar Tn. Hj. Khalil melalui layanan pesan pendek, Kamis (22/9/2022).

Ditemui secara terpisah, Vela Razita peserta didik Smamsatu menyambut baik adanya open access digital library ini. “Saya jadi makin mudah membaca berbagai buku melalui handphone maupun laptop, koleksinya juga lengkap. Terima kasih kepada Smamsatu dan Sri Seremban yang memfasilitasi layanan bersama perpustakaan digital ini.” Ungkapnya.

Kontributor Web: Akhmad Akmal Rifqi, SPd

Bagikan Konten Ini Melalui:
× WhatsApp Admin Available from 07:00 to 21:00