Select Page

PWMU.CO – Bagi siswa SMA Muhammadiyah 1 (Smamsatu) Gresik, Jawa Timur, keberadaan Geography Genius Generation (GGS) dan Earth Education Ecstasy (EEE) merupakan suatu kebanggaan. Dua klub belajar bidan Geografi dan Kebumian ini terbentuk karena daya kritis Zaenal Arifin SPd MPd, guru Geografi Smamsatu.

Saat itu dia melakukan studi banding ke beberapa sekolah di Jawa Timur. Ternyata banyak siswa yang belajar materi olimpiade Geografi dan Kebumian dengan cara berkerumun. Di sisi lain dia berkeinginan untuk bisa mengajak para siswa Smamsatu Gresik agar memiliki prestasi akademik.

Menurut Zainal dua hal itu yang mendorongnya membentuk klub belajar geografi ini disekolah. “Alhamdulilah di tahun ini mulai terbentuk dan ternyata hasilnya di luar ekspektasi. Karena anak-anak tertarik untuk bergabung menjadi anggota,” ujarnya pada PWMU.CO, Senin (27/10/2022).

Zainal Arifin—yang sudah terbiasa melatih olimpiade Geografi dan Kebumian di beberapa sekolah—mengaku punya strategi bagaimana belajar geografi agar tetap digemari anak-anak. “Dan ini bisa digunakan sebagai persiapan anak ketika mengikuti olimpiade atau karya tulis yang berbasis Geogarafi dan Kebumian.

Zainal menjelaskan, keanggotaan dua klub geografi ini bersifat bebas, Diikuti siswa kelas X-XII setiap hari Selasa dan Rabu pukul 15.30-17.30 WIB.

“Klub ini tidak mengikat siswa dengan beban belajar, melainkan belajar yang menyenangkan dengan diskusi. Pertanyaan anak-anak yang menggali daya berfikir kritis dilanjutkan dengan materi olimpiade Geografi atau Kebumian,” terangnya.

Dia menambahkan, Muhammad Irfansyah, alumnus Smamsatu Gresik yang kini kuliah di Jurusan Metereologi Terapan FMIPA IPB, ikut membantu klub ini.

Zainal menjelaskan, sistem pembelajaran di klub ini menggunakan berbagai macam metode. “Sesuai kemampuan anak-anak. Belajarnya di ruang perpustakaan, laboratorium geografi, atau studi lapangan sesuai dengan materi yang akan dibahas bersama-sama,” terangnya.

Baca Juga:  MBS Madinatul Ilmi Smamsatu Rutin Adakan Muhadharah 3 Bahasa

Waka Kurikulum Smamsatu Nurul Ilmiah bangga atas keberadaan dua klub itu. “Ini merupakan angin segar bagi kelompok belajar IPS sebagai salah satu klub belajar yang aktif. Dan saya merasa bangga atas prestasi yang didapat oleh klub Geografi dan Kebumian yang diperoleh hampir setiap tahunnya,” ungkapnya pada PWMU.CO, Rabu (19/10/2022).

Sementara itu Naura Nabila Muttaqin, anggota GGS, juga senang dengan keberadaan klub ini. “Saya dapat mempelajari materi Geografi lebih dalam lagi dan ingin mempelajari lebih dalam lagi karena menarik bagi kami,” ujarnya. (*)

Bagikan Konten Ini Melalui:
× WhatsApp Admin Available from 07:00 to 21:00